Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang semakin populer akhir-akhir ini. Asuransi satu ini berfungsi untuk memberikan perlindungan pada risiko kerugian finansial seseorang atau keluarga akibat adanya kematian anggota keluarga yang menjadi penopang finansial. Lantas bagaimana cara memilih produk asuransi perlindungan jiwa yang tepat? Berikut ini ulasannya lebih lanjut.

Kenali Jenis Produk Asuransi yang Anda Pilih

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenali jenis asuransi jiwa yang akan Anda pilih. Setidaknya ada empat jenis asuransi perlindungan jiwa di Indonesia yang perlu Anda pelajari. Pertama, asuransi berjangka yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu dengan premi tetap yang bisa dicairkan di akhir periode.
Kedua, asuransi seumur hidup yang akan memberikan perlindungan seumur hidup atau hingga pemegang polis asuransi berusia 100 tahun. Polis asuransi jenis ini biasanya lebih mahal dari asuransi berjangka. Ketiga, asuransi dwiguna yang berfungsi ganda menjadi asuransi berjangka juga tabungan bagi pemegang polis. Sedangkan asuransi unit link menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi dalam satu produk.

Sesuaikan Premi dengan Kemampuan Finansial Anda

Setelah menentukan jenis produk asuransi jiwa yang tepat, langkah selanjutnya adalah mencermati jumlah premi yang harus dibayarkan secara berkala. Pastikan jumlah premi yang Anda setorkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan tidak akan menjadi beban di masa yang akan datang.
Perhatikan juga waktu pembayaran yang ditawarkan apakah premi dibayarkan setiap bulan, kuartal, semester atau tahunan? Kalkulasikan jumlah premi dan waktu pembayaran dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai polis asuransi yang Anda ambil justru menjadi beban finansial bagi keuangan Anda.

Perhatikan Jumlah Uang Pertanggungan yang Akan Didapat

Selain memastikan dua hal di atas, Anda perlu memperhatikan jumlah uang pertanggungan dalam asuransi jiwa yang Anda pilih. Anda harus memastikan besaran uang pertanggungan sesuai dengan nilai premi yang Anda bayarkan secara berkala. Biasanya uang pertanggungan dengan jumlah besar berbanding lurus dengan jumlah premi yag dibayarkan.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis asuransi perlindungan jiwa yang Anda pilih. Jenis asuransi dwiguna dan unit link biasanya memiliki uang pertanggungan yang tidak terlalu besar karena berfungsi ganda sebagai tabungan atau investasi. Ada baiknya Anda memahami betul produk asuransi yang Anda pilih secara mendetail sebelum memutuskan mengambil polis.

Pastikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Langkah paling penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi jiwa adalah memastikan kredibilitas perusahaan yang menawarkan produk asuransi tersebut. Mengingat asuransi perlindungan jiwa adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang, pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki sirkulasi keuangan yang sehat.
Anda juga bisa mencari testimoni para pelanggan perusahaan tersebut mengenai pelayanan dan produk asuransi yang mereka miliki. Pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki pelayanan baik dalam menjalankan tugasnya agar Anda bisa mendapat manfaat maksimal dari polis Asuransi yang diambil.

Pelajari Isi Polis dengan Cermat

Setelah memastikan agen asuransi, jenis asuransi jiwa, jumlah premi dan uang pertanggungan langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempelajari isi polis dengan teliti. Sebagaimana membeli produk lainnya, Anda juga perlu cermat memperhatikan syarat dan ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi yang akan Anda beli.
Pastikan Anda sudah memahami seluruh ketentuan yang berlaku sebelum meneken kontrak. Tanyakan kepada pihak perusahaan jika ada hal yang belum Anda mengerti. Perhatikan setiap detail yang tertulis dalam polis terutama mengenai klaim asuransi nantinya.
Memastikan agen asuransi terpercaya, memilih jenis asuransi yang tepat, memastikan jumlah premi dan uang pertanggungan serta mempelajari isi polis asuransi dengan cermat adalah beberapa tips memilih produk asuransi jiwa yang tepat. Pastikan juga Anda memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here