Kesadaran masyarakat untuk memproteksi diri dengan asuransi semakin meningkat. Meski begitu, masih banyak yang belum paham jenis-jenis asuransi seperti apa yang perlu dimiliki untuk berjaga-jaga. Nah, berikut ini sedikit uraian mengenai beberapa jenis polis asuransi yang perlu Anda miliki.

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi pertama yang perlu Anda perhatikan adalah asuransi kesehatan. Polis asuransi ini akan menjamin biaya yang akan dikeluarkan jika Anda atau salah satu anggota keluarga terkena penyakit yang mengharuskan tindakan lebih lanjut di rumah sakit. Meski sudah ter-cover oleh BPJS kesehatan, tak ada salahnya Anda menambahkan proteksi tambahan untuk melindungi keluarga Anda.
Ada banyak jenis produk asuransi kesehatan yang beredar di Indonesia. Anda perlu mencermati manfaat yang akan diperoleh sebelum menentukan asuransi yang tepat bagi keluarga Anda. Misalnya saja mengambil asuransi kesehatan untuk penyakit berat, atau asuransi kesehatan rawat inap. Menggunakan asuransi kesehatan akan menjaga finansial Anda tetap stabil meski anggota keluarga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Asuransi Mobil

Setelah asuransi kesehatan, jenis asuransi selanjutnya yang tak kalah penting adalah asuransi mobil. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi menggunakan mobil pribadi, memiliki asuransi yang satu ini sangatlah penting. Produk asuransi yang satu ini akan melindungi Anda dari segala situasi dan risiko berkendara yang mungkin terjadi.
Setidaknya ada dua jenis produk asuransi mobil yang bisa Anda pilih. Pertama, asuransi mobil all risk yang akan memberikan perlindungan mulai dari kecelakaan kecil hingga kendaraan hilang. Kedua, asuransi total loss only (TLO) yang akan meng-cover saat terjadi kecelakaan besar hingga berdampak 80% dan kendaraan hilang. Anda bisa mempertimbangkan jenis produk asuransi mobil seperti apa yang Anda butuhkan ke depannya.

Asuransi Pendidikan

Berbanding lurus dengan naiknya harga-harga kebutuhan pokok, biaya uang sekolah dan kebutuhan sekolah lainnya akan semakin meningkat di masa depan. Apalagi tingginya biaya sekolah biasanya beriringan dengan kualitas pendidikan yang didapatkan. Bagi Anda yang sudah menjadi orang tua, jenis asuransi pendidikan yang satu ini sangat penting untuk masa depan anak Anda.
Sedikit berbeda dari jenis produk asuransi lainnya, asuransi pendidikan menggunakan skema seperti tabungan pendidikan. Jadi, premi yang Anda bayarkan secara berkala akan dapat dinikmati secara utuh saat dibutuhkan sebagai bekal sekolah anak. Mengambil polis asuransi pendidikan, sama saja Anda menabung untuk pendidikan anak-anak di masa depan.

Asuransi Properti

Merenovasi rumah akibat bencana alam atau kebakaran bisa menghabiskan dana yang cukup besar. Selain tiga jenis asuransi di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan mengambil polis asuransi properti untuk kediaman Anda. Jika Anda memiliki beberapa properti, ada baiknya untuk mengambil produk asuransi yang satu ini untuk melindungi properti yang Anda miliki.
Produk asuransi seperti ini memiliki beberapa jenis, antara lain asuransi all risk yang menanggung segala kerusakan mulai dari yang terkecil hingga kerusakan besar akibat kebakaran atau kebanjiran. Jenis produk asuransi ini akan sangat membantu Anda saat properti mengalami kerusakan yang membutuhkan dana tidak sedikit untuk merenovasinya.

Asuransi Jiwa

Sebagai salah satu jenis asuransi yang paling populer, asuransi jiwa kini memiliki banyak jenis produk yang bisa Anda pertimbangkan. Pada umumnya, asuransi jiwa akan memberikan perlindungan jangka panjang pada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia. Beberapa asuransi jiwa menanggung risiko jika pemegang polis asuransi tidak lagi bisa mencari nafkah oleh sebab-sebab tertentu.
Dana polis yang dicairkan dapat membantu ahli waris di kemudian hari. Sebelum memutuskan mengambil produk asuransi jiwa, ada baiknya Anda memperhatikan detail syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan sampai polis yang Anda miliki tidak bisa dicairkan karena tidak memahami produk asuransi jiwa yang Anda pilih sebelumnya.
Mengambil produk asuransi merupakan salah satu upaya memproteksi diri Anda dan keluarga dari risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Jenis asuransi di atas seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi properti dan asuransi jiwa dan memberikan perlidungan menyeluruh bagi diri Anda dan apa yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here