Seiring dengan kesadaran biaya pendidikan yang semakin tinggi, produk asuransi khusus pendidikan semakin diminati oleh masyarakat. Jenis asuransi yang menggunakan skema tabungan dan investasi secara bersamaan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi nasabahnya. Berikut ini ulasannya lebih lanjut.

Memberikan Jaminan Dana Pendidikan untuk Anak

Manfaat asuransi pendidikan yang satu ini jelas sangat dibutuhkan para orang tua. Salah satu tujuan pengambilan polis asuransi ini adalah untuk menjamin ketersediaan dana pendidikan untuk anak di masa yang akan datang. Biaya pendidikan ke depannya bisa jadi akan semakin meningkat berdasarkan inflasi dan pilihan pendidikan yang Anda utamakan.
Mengambil polis asuransi khusus pendidikan ini akan memberikan jaminan keberlanjutan pendidikan anak Anda di masa depan. Menariknya, dana pendidikan ini tidak hanya bisa diambil saat jatuh tempo saja.

Berfungsi Ganda Sebagai Investasi

Sedikit berbeda dari produk asuransi lainnya, asuransi pendidikan ini tidak hanya menawarkan proteksi dana pendidikan untuk anak saja. Namun juga menyediakan kesempatan investasi dengan premi yang Anda bayarkan secara berkala.
Jika pada tabungan pendidikan Anda hanya akan mendapatkan jumlah uang sesuai dengan yang ditabungkan, asuransi dana pendidikan dapat melipatgandakan uang premi Anda sesuai dengan investasi yang Anda pilih. Selain menjamin ketersediaan dana pendidikan anak, Anda juga bisa sekaligus berinvestasi pada produk keuangan yang satu ini.

Menjaga Kestabilan Finansial Keluarga

Banyak keluarga yang masih menganggap remeh pentingnya asuransi pendidikan. Padahal menyiapkan dana pendidikan sejak jauh-jauh hari akan menjaga stabilitas finansial keluarga saat harus menyekolahkan anak-anak. Asuransi dana pendidikan ini akan memastikan keberlangsungan pendidikan anak-anak Anda meski mungkin kondisi keuangan keluarga sedang tidak baik.
Mengambil polis asuransi jenis ini juga membantu Anda mengatur keuangan keluarga agar lebih tertata. Mengalokasikan dana dalam jumlah tertentu setiap bulannya akan membuat Anda lebih bijaksana membelanjakan penghasilan yang didapat.

Berfungsi Sebagai Asuransi Jiwa

Beberapa produk asuransi pendidikan tidak hanya menyediakan manfaat dana pendidikan dan investasi saja, namun juga sebagai polis asuransi jiwa bagi nasabahnya. Dana pendidikan yang dijanjikan bisa diambil jika pemegang polis meninggal dunia sebagaimana asuransi jiwa lainnya. Anda perlu memperhatikan manfaat yang akan didapat sesuai perjanjian yang tertulis dalam polis asuransi.
Pelajari dengan baik isi polis asuransi dana pendidikan yang Anda pilih sebelum meneken kontrak. Memilih produk asuransi yang bisa ditarik dalam keadaan darurat atau memiliki fungsi ganda sebagai asuransi jiwa adalah pilihan yang tepat. Pastikan Anda memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Jumlah Premi yang Fleksibel

Berbeda dengan produk asuransi lainnya yang mengharuskan pembayaran premi dalam jumlah tetap, asuransi pendidikan memiliki jumlah premi yang lebih fleksibel. Anda dapat menentukan besaran premi sesuai dengan dana pendidikan yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menentukan jenis investasi sesuai dengan keinginan Anda.
Selain jumlah premi dan jenis investasi, jangka waktu pembayaran premi juga bisa diatur sesuai kemampuan finansial Anda. Bisa setiap bulan, per tiga bulan atau di tiap semester. Meski begitu, Anda harus memperhatikan jenis investasi yang dipilih agar tidak merugi saat penarikan dana. Minta saran pada customer service sebelum memilih jenis investasi untuk produk asuransi Anda.
Asuransi pendidikan ternyata bukan hanya sekadar tabungan dana pendidikan biasa. Selain menjamin biaya pendidikan anak, asuransi ini juga dapat berfungsi sebagai investasi dan asuransi jiwa. Premi yang fleksibel dan dapat menjaga kestabilan keuangan keluarga adalah beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari produk asuransi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here